Tuesday, May 8, 2007

venus update..

setelah beberapa malam mencoba player ini, ada beberapa faktor yang gue bilang payah pada player ini. tapi nggak semuanya sih. tetap ada beberapa hal yang menarik atau ada sesuatu yang baru dari player ini dibanding sebelumnya..

impresi gue yang pertama adalah interface-nya venus sekarang lebih menarik dan nggak terlihat murahan. kalo seri sebelumnya pake wallpaper cupu dengan menu model list yang kaku, seri yang baru sekarang pake themes default biru yang lebih soft. menu selection-nya secara visual lebih friendly karena pake icon dan caption yang besar..

seharian sebelumnya di kantor, gue ngopi beberapa dvd yang baru gue beli langsung ke venus ini, secara 'mentah'. maksudnya buat nyoba apakah player ini bisa handle file vob. malamnya di rumah, gue langsung coba nonton. hasilnya memang bisa sih, tapi ternyata gak bisa baca struktur dvd-nya dengan benar, alias manual per file. teks pun nggak keluar, screen ratio pun nggak bisa diganti (jadi kaya nonton film warkop jadul, format widescreen di-press jadi normal screen, orang-orangnya jadi kaya dendeng). bah! ogah gue nonton kaya begini. akhirnya, gue batalkan niat nonton deh..

besoknya di kantor gue nge-rip beberapa dvd yang sama dan langsung di-copy ke venus ini, plus beberapa seri anime (avi) buat referensi tambahan. dvd gue rip pake nero recode mp4 dengan kompresi standar, plus teksnya. malamnya, gue langsung coba nih, sekalian pamer sama istri buat nonton bioskop rumahan. eh, ternyata baru ketahuan beberapa kekurangan lainnya. yang pertama gue rasakan adalah fungsi forward dan rewind-nya nggak mau jalan buat file mp4. tapi kalo buat avi, lancar aja tuh. berikutnya adalah teks untuk mp4 nggak keluar sama sekali, dan kesalnya adalah nggak ada menu-menu advance buat setting video. adanya cuma yang standar-standar saja. sedangkan buat file avi, panel bagian bawah dari interface venus (akan muncul kalo sedang pause/forward/rewind/dsb) malah mengganggu teksnya, fading-nya pun lambat..

akhirnya kita jadi nonton juga sih, satu film, tapi ya ala kadarnya. setidaknya kualitas gambarnya nggak mengecewakan. yang bikin sayang adalah gue belum punya tivi plasma, huahaha.. kancut, mana mungkin kebeli tuh kalo masih kerja di sini..

hari ini gue buka-buka manual book venus (bodoh ya, kok baru sekarang dibaca?). tebalnya 64 halaman, teks bahasa indonesia. isinya lengkap juga, dan instruksinya cukup jelas. ada beberapa hal yang masih pengen gue coba pada player venus ini. jadi ya lihat saja nanti. moga-moga nggak kancut lagi..

No comments: