Monday, May 21, 2007

bahasa toilet..

seminggu yang lalu, tepatnya hari selasa (15/5) gue nganter istri ke rumah sakit pondok indah karena dia ngerasa nggak enak badan dari pagi. kita sampe di sana sekitar jam 7 malam dan ternyata lagi rame banget karena kebetulan paramitha rusady (artis) mau melahirkan di sana. kayaknya para wartawan infotainment lagi nyari berita, kelihatan banget dari gerak-gerik dan kamera yang mereka pegang..

dari awal gue masuk rumah sakit pondok indah, sambil nyari meja registrasinya, gue sudah takjub sama mewahnya rumah sakit ini (ya, ini memang pertama kalinya gue masuk rumah sakit pondok indah. ya, gue memang udik :p). gue lihat pasien-pasien dan tamu-tamunya tampil necis, pegawainya ramah-ramah, satpam-nya standby semua, ruang dan lorongnya bersih, parkirnya penuh (?), pokoknya wah deh..

pas registrasi, ternyata kita sudah telat dan antrian dokternya panjang. ya sudah, akhirnya gue dan istri batal ke dokter dan kita cari snack di kantin rumah sakit. pas lagi enak-enaknya makan sosis mini (enak lho), gue lihat ada kerumuman orang berjalan di lorong rumah sakit. oh kayaknya para wartawan tadi lagi rame-rame bergerak, pindah posisi, dan kayaknya mau ke bagian anak-anak. wah pastinya cari berita paramitha tadi, pikir gue..

tiba-tiba ada yang bilang “tai..”

gue dan istri langsung kaget dengernya. gue rasa orang-orang di sebelah gue juga denger tuh. lha wong, jelas sekali ucapannya. kita langsung perhati'in lagi orang-orang yang lewat tadi. ternyata orang-orang yang sedang lewat tadi lagi bercanda sama temen-temennya. sambil ketawa-ketawa, gak peduli lagi di tengah rumah sakit kali. biasa lah, kalo sudah asyik, lupa mulut kenceng banget ngomong kotornya..

gue masih heran dengan kejadian tadi. walaupun sosis mini gue enak banget, tetep aja kerasa ganjel dengan ucapan tadi. bukan mau mendiskreditkan siapa-siapa sih (atau profesi apapun), tapi sebel aja sekarang ini orang-orang jakarta banyak yang gaya bicaranya kotor, meskipun di tempat publik yang bisa didengar orang lain, apalagi di rumah sakit ini. mbok ya kalo bercanda dan maki-makian kotor lihat tempat dulu, lihat apa ada keluarga atau anak-anak yang lagi nyimak, lihat apa ada orang yang bisa risih sama bahasa gaul-nya tuh..

kejadian kayak ini memang bukan yang pertama kali. pernah juga setelah makan malam di warung sop kambing langganan di slipi, gue dan istri baru mau jalan kaki di trotoar, tiba-tiba ada anak-anak abg lewat naik motor bercanda sama temennya yang juga naik motor sambil mengumbar bahasa toilet..

gila banget ya jakarta. orang-orangnya banyak yang kasar, baik tutur-kata maupun perilakunya. tendensi ini makin parah lagi pada lapisan sosial tertentu (ah nggak perlu dibahas deh). ramah itu biasanya mahal, biasanya cuma bisa didapat kalo lagi jualan/promosi. hmm, kalo yang kaya gini sih moga-moga gue salah, karena gue tetap yakin masih banyak juga orang-orang baik di jakarta ini. tapi gue masih bisa lebih panjang lagi kalo ngomongin perilaku pengendara mobil/motor di jakarta yang luar biasa edan. plus, masalah disiplin lainnya yang bikin gue minder kalo lagi dinas ke singapore..

gue sendiri bukannya nggak pernah ngumpat, atau ngomong kotor, atau ngomong jorok. sekali-sekali memang iya. tapi jelas-jelas nggak sambil jalan-jalan, nggak sambil teriak-teriak, dan hanya berani pas lagi santai bareng temen-temen dekat saja..

sekolah sekarang ngajarin apa ya?
keluarga sekarang ngedidik apa ya?

kancut! mending ngumpat di pojokan dunia maya ini aja deh..

so guys, stay nice, stay polite..

[ps: wiken ini istri gue bikin soto ayam yang uenak banget. love u, babe..]

No comments: